h1

Tiga sikap seorang pengubah

Desember 20, 2006

“God grant me to SERENITY to accept things I can not change, COURAGE to change the things I can and WISDOM to know the difference”

SERENITY berarti berani berkontemplasi, mampukah melakukan perubahan. Kalau tidak hanya ada 2 pilihan. Menerima kenyataan itu dengan legowo, bukan lantas frustasi dan apatis.Namun langkah demi langkah, menundukkan sesuatu yang mudah dikalahkan. Memerlukan waktu tahunan untuk mengubah kultur yang berusia satu generasi. BUkan berarti mustahil. Hanya butuh kesabaran untuk jadi pengubah. Bahkan kadang, hasilnya baru akan terlihat pada pemimpin selanjutnya. Setidaknya, Anda telah jadi penabur benih perubahan. Atau, mundur teratur dari gelanggang dan mencari tempat lain.

COURAGE, semangat melakukan perubahan kala kemungkinan itu ada. Menggunakan otoritas yang ada untuk menegakkan kebenaran adalah mutlak. Untuk kasus yang satu ini, tidak ada kata lain selain bertempur sampai titik darah penghabisan. Kebenaran harus di atas kebaikan. Nilai-nilai hidup harus di atas kinerja bilangan. Ini harus dilawan tanpa kompromi sekalipun harus meletakkan jabatan. Berperang melawan prinsip adalah soal sikap hidup. Sebuah keberanian hakiki yang mutlak bagi yang menganut ”principles driven leadership”.

WISDOM, kebijakan membedakan kapan memakai senjata serenity dan kapan mengayunkan courage. Wisdom bukan berarti kompromi dalam arti sempit. Wisdom adalah simbol kesadaran mutlak kapan mengalah dan kapan harus mengalahkan. Kapan harus marah dan kapan harus ramah. Ini hanya bisa dipupuk dengan knowledge dan knee. Knowledge berarti pengetahuan dan pengalaman. Dan, knee artinya banyak doa alias modal dengkul kepada sang Pencipta.

Yap kata diatas menginspirasi banget.. aku coba kutip dari majalah SWA tanggal 2 November 2006 oleh Paulus Bambang W.S. Tahun depan masih banyak yang musti kuhadapin dan tentu umur akan nambah.. Tentu aku pengen jadi seorang penggubah, setidaknya menggubah aku sendiri, menjadi lebih baik dan terus bertambah baik. Bukan hal mudah tetapi juga bukan hal yang mustahil, terutama dalam merubah orang lain atau lingkungan sekitar. Kita mulai dari yang paling kecil.. diri kita sendiri!

Semoga tahun depan ketiga sikap diatas bisa menjadi sebagian dari sikap hidup yang kupegang. Dan menjadi acuan dalam pilihan menjadi dewasa.

One comment

  1. Indonesia hanya bisa diubah dengan revolusi. Tinggal cari siapa yang punya 3 sikap pengubah di atas.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: