h1

IBMASRSvc.log

Desember 13, 2006

Yeah…. judul diatas adalah kelanjutan dari cerita cuti aku. Di hari kedua cuti, ternyata ada panggilan kantor dan disuruh ke kantor. Males banget gak sih!!!!!. Dan ternyata ada trouble dengan email server, dan engineer lainnya gak bisa tangani.. kepaksa deh dalam kondisi cuti jalani lembur, soalnya gak mungkin beresi email server dalam jam kerja.

To the point… jadi masalahnya adalah email server yang jalan diatas IBM Server xSeries 345 dengan OS Windows 2003 SP1 tiba2 restart apabila ada permintaan akses disk dan anehnya tidak ada error log di system log. Dengan syak wasyangka engineer lain yang menuduh antivirus yang menyebabkan ini semua maka semua antivirus didisabel.. tp tetep aja restart. Jangan nuduh dulu lah.. sebelum di cek!!😀.. Kemudian tuduhan lainnya mulai mengarah ke hardware..dari HD sampe memori menjadi tersangka utama.. Sampe mo jalanin test memori. hahaha…

Ok jam 09.30 teng… mulai kerja.. anti virus di investigasi dulu, buffer overflow protection di disable.. dan jalankan update terbaru… tp tetep.. tiba2 restart…😦. Lanjut lagi dengan membuang software2 gak perlu dan yang memakan resources.. software backup menjadi korban..uninstall dah….. tp tetep.. habis itu restart..😦. OK akhirnya mencoba melototin satu2 file yang ukurannya mencurigakan, Alhamdulillah Alloh membimbing untuk melihat file IBMASRSvc.log yang berukuran 373 MB. hemmm pikiran simpel.. jika log sebesar ini tentu cukup agresif dalam penulisannya dan harus dicari service yang menulis di log ini. Seperti biasa tanya Mbah GUGLE apa yang berhubungan dengan file ini.. akhirnya dapat bahwa service ini di tulis oleh  IBM Automatic Server Restart Service. Aha..  GOTCHA!!!!.. ini ternyata yang menyebabkan server bisa restart tiba2. Jadi service ini kira2 mempunyai tugas jika windows tidak bereaksi pada waktu yang telah ditentukan ama IBM XSeries akan melakukan restart secara otomatis. Dan jengkelnya kenapa sih gak ninggalin jejak… apa kek di log errornya.. kan enak buat tracing.. Langkah selanjutnya update service ini dengan versi terbaru dari IBM. ok.. kayaknya semua berjalan lancar.. sampai pagi aku coba akses data dengan jumlah yang besar, server masih merespon dengan OK. Seneng dung… tp akhirnya setelah baca2.. service ini kayaknya tidak diperlukan.., ya sudah ambil keputusan segera.. DISABLE. galak yak😀 .Nah sampai saat ini masih di monitor ada masalah lg gak…moga2 aja beres dan jalan lancar lg😉 .

Jadi itulah sedikit cerita tentang engineer yang masa cutinya harus mau dicabut demi kantor.. gak enak yak??… makanya jangan mau jadi engineerr..  jadi bos aja… apalagi lu anak orang kaya… jangan susah2 sekolah engineer dah.. mending sekolah manajemen.. abis itu terusin bisnis bokap lu.. Ok.. ok…:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: