h1

ISL dan 802.1Q

Oktober 2, 2006

Keduanya merupakan protokol untuk trunking. ISL merupakan protokol trunking khusus untuk device buatan Cisco, itupun tidak semua device dia mendukung ISL trunking. Sedangkan 802.1Q atau lebih dikenal dengan dot1Q merupakan protokol yang dikembangkan oleh IEEE dan menjadi standard untuk trunking protokol. Jadi semua device dari vendor yang berbeda dapat menggunakan protokol dot1Q untuk keperluan trunking.

Di kantor dahulu semua VLAN dan trunking menggunakan ISL, mungkin karena dulu semua device Cisco base. Akan tetapi semakin kesini ketergantungan terhadap produk Cisco mejadi pertimbangan ulang, terutama keperluan untuk rencana aplikasi VOIP di kantor. Peralatan VOIP tersebut mendukung VLAN dot1Q, jadi mau gak mau memerlukan aplikasi dot1Q.

Jumat kemaren, pukul 00.00 tepat pekerjaan konvert ISL ke dot1Q dimulai. Dengan team yang berapa di kedua ujung koneksi siap2 menjalankan perintah untuk konvert trunk port. Satu demi satu semua trunking port berubah menjadi dot1Q dan siap untuk menerima penambahan alat dari vendor lainnya. Pas jam 03.30 semua pekerjaan beres. Alhamdulillah… tp akhirnya cepet2 pulang buat ngejar sahur. kl nggak bakal ketinggalan nih..🙂

Selamat datang multivendor device, we are ready!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: