h1

Antara Patas AC 34, 138 dan Patas Reguler 45

April 23, 2007

Patas AC Mayasari Bakti 34, Patas AC AJA 138 dan Patas Reguler 45 merupakan bus yang melayani jalur yang sama Cimone-Blok M via Islamic. Ketignya memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Aku bahas satu-satu yak…

Patas AC Mayasari Bakti 34.
Bus Patas AC ini bertarip Rp 5500, tetapi sejak seminggu lalu entah kenapa taripnya turun menjadi Rp 5000. Dari segi kenyamanan bis ini lumayan, maklumlah ber AC. Rute yang ditempuh bus ini adalah Cimone, Kebon Jeruk, Tomang Bawah, Semanggi, Komdak dan Blok M. Kondisi busnya gak sama antara satu dan lainnya, ada yang bagus ada juga yang jelek. Kebanyakan yang rusak adalah sistem AC nya. Banyak yang sudah tidak dapat diatur (hampir semua armada bus Mayasari Bakti seperti ini). Jadi kalo kedinginan mending pindah tempat aja, soalnya lubang Acnya gak bisa di tutup :P

Patas AJA 138
Bus ini merupakan armada baru yang melayani rute Cimone-Blok M. Semua armadanya baru dan masih nyaman. Kondisi bus yang bersih dan sistem AC yang bagus membuat kita nyaman menumpang bus ini. Dengan tarip Rp 5000 tentu anda tidak akan merasa rugi menumpang bus ini. Rute bus ini adalah Cimone, Kebon Jeruk, Senayan, Hang Lekir, Stadion Bulungan dan Blok-M. Rute yang ditempuh ini merupakan salah satu kelemahan dari bus ini, soalnya jalan Hang Lekir, Bulungn merupakan biang kemacetan. Jadi naik bus ini terasa lebih lama, dan jalur yang panjang.

Patas Reguler 45
Bus kelas Ekonomi dengan tarif Rp 2500. Dengan kelas ekonomi, bus ini menjadi transportasi rakyat banyak.Jadi bus ini biasanya selalu penuh, dan ingat… tidak ada AC, yang ada Angin Cendela :D. Oh iya… armada ini dimiliki oleh DAMRI, jadi busnya tuh tua-tua dengan asap hitam yang mengepul dibelakang. Kadang memiliki mesin yang bermasalah. Jadi kl sampai terjadi kemogokan, ya harap di terima dengan maklum, dan awak bus dengan suka hati akan memindahkan ke bus lainnya untuk mengantarkan ada ke tujuan ;)

Nah…. Gilaran rekomendasi pribadi
Aku minimal 4 kali seminggu naik bus ini, dengan RUte Palem Semi-RUmah Sakit Harapan Kita Slipi Jaya. Ketiga bus diatas selewati jalur ini, dan menempuh rute yang sama Toman bawah. Soalnya kl nggak Tomang Bawah bisa kejauhan aku turunnya, dan musti jalan kaki :(. Untuk berangkat biasanya aku tidak banyak memilih, asal bisa duduk aku pasti naik. Alasan tidak banyak memilih karena aku baru keluar dari kantor paling cepat pukul 5 dan musti sampai di kampus pukul 6-an. Sedangkan rute ini ditempuh paling cepat 35 menit, jika kondisi jalan beber2 lancar dan bus tidak ngetem, dan biasanya butuh wktu 1 jaman. Aku buth tempat tidur soalnya aku butuh tidur, lumayan buat ngumpulin tenaga buat kuliah malem.
Nah yang aku suka pilih2 adalah pas balik dari kampus menuju tangerang. Disini masalah harga sensitif. hehehhe…. maklum pengiritan. Yah jika ada aku akan memilih P45, murah meriah bo….
Ada beberapa keuntungan selain masalah harga.
1. Bus biasanya sudah penuh, kadang berdiri. Jadi bus akan langsung ke arah tangerang, tanpa keluar dulu di Pintu Tol Kebun jeruk. Sedangkan bus PAC 34 maupun PAC 138 biasanya masih kosong pada jam segitu, jadi keluar dulu di tol Kebun Jeruk.Dan berhenti mengumpulkan penumpang bisa lebih dari 15 menit… Ini yang bikin lama :(
2. dengan naik P45, aku merasakan nuansa kerakyatan, setelah seharian berkumpul dengan manusia-manusia borju. Aku bisa merasakan bagimana orang2 lain yang sama2 dengan modal terbatas, pulang kerja dalam kondisi capek, dan menomorduakan kenyamanan. Nuansa ini sangat penting bagi aku. Soalnya seharian berkumpul dengan manusia2 kaya nan borju kadang membuat syaraf kemanusiaan ini tumpul. Dan aku cuma punya waktu beberapa menit untuk dapat mengasah rasa humanisme aku dan mencoba menarik banyak pelajaran dari sana. Yah dari sana banyak pelajaran yang bisa kita ambil, antara lain nuansa kesederhanaan, nuansa kerakyatan, dan nuansa waspada (maklum bus reguler di Indo banyak copet.. hahahhaa). That’s make me keep alive !!!

Dan jika naik bus diatas kita akan dihibur dengan sukarela oleh pengamen jalanan. Yah harap maklum jika suatu saat anda ketemu dengan yang suara kaya ompreng seng yang bikin pekak telinga. hahhaha… tp banyak juga kok yang memiliki kemampuan nyanyi dan main alat musik yang bagus.. tergantung rejeki aja… hahahha. Nah jika anda puas, silahkan berikan uang ala kadarnya kepada mereka, jika kecewa silahkan menolak dengan sopan sodoran kotak sumbangan mereka. Fair kan…..

Ok selamat mencoba… ;)

25 komentar

  1. mungkin kalo aku kebalikannya yan…

    mengungat kalo berangkat kul and ngantor pasti pagi,
    kalo berangkat emang ga usah mikir yang penting ada tempat and sampe tempat tujuan. tapi kalo pulangnya emang nyari yg rada lega and nyaman soalnya biar bisa istirahat. ntar begitu nyampe di rumah biar rada fresh untuk ngobrol dengan keluarga


  2. terimakasih Bang…
    jadi sedikit punya gambaran tentang Jakarta yang katana ibukota… (jauh bgt dr bayangan ttg Jogja) :)
    I Love Jogja so Much!
    [hehehe.sorry.if.gak.nyambung]

    =SaLam.dr.Jogja=


  3. Tips wisata yang berguna nih .. udah lama sekali nggak naik PATAS2 itu… gimana dengan tips berkendara dgntaxi? khan udah makin banyak tuh merek2nya.. :)


  4. Haha…Untung kantor gw punya bis jemputan ke Gatot Subroto. P45 banyak copet tuh!!! Taruna AKMIL saja kecopetan, nggak sembarang yang dicopet, bukan dompet tapi pedang kadga.


  5. Pernah suatu ketika seorang Mayjen naik P45 gelantungan di dalam bis (Mimpi kali ye…)


  6. Aku seorang Karyawati yang bekerja di salah satu perkantoran Sudirman – Blok M,tinggal di Tangerang. kalau berangkat atau pulang aku paling suka naik bus Mayasari Bakti AC 34 jurusan Blok M – Cimone!!Baik Supir maupun kondektur nya ramah2…Walaupun ada yang JUTEK juga. Kadang – kadang kita dapat ngobrol2 dngn kondekturnya dan supirnya,banyak cerita yang aku dapat dari mereka.

    Mereka sering berkeluh kesah dengan setoran bus dengan sistem “Karcis” (Menghitung penumpang), mereka merasa rugi dengan hal itu!karena banyak nya angkutan yang sama menuju ke arah yang sama. karena mereka juga punya keluarga yang perlu dibiayai hidupnya.

    Jadi untuk Pengurus PT. Mayasari Bakti, dengan rasa Manusiawi,”Tolong perhatikan untuk kehidupan mereka, Tanpa Mereka juga Penumpang akan terlantar dan anda sebagai Pengurus juga dapat Merugi. “Rasakan apabila Anda sebagai mereka”.

    Terima Kasih.

    Terima Kasih.


  7. Aku waktu di cikarang lumayan sering ke jkt. Nomer bis nya lupa yang pasti bis nya jenis metromini terutama yang jurusan pulo gadung – semper. trus juga semper – senin, mayasari bakti senin/matraman – cikarang. Yang paling “berkesan” terutama yang lewat senin karena bisa dipastikan bis nya akan macet karena di sana sedang ada pembangunan underpass. Waktu bis nya macet, banyak anak2 kecil bahkan balita sedang mengemis. Kadang saya kasian dan terharu akan perjuangan hidup mereka di saat kebanyakan anak2 yang lain bisa menikmati masa kecilnya dengan bermain.


  8. Haloha….
    abang, kalau saya gak mau naik 138, habis kantornya di Bapindo, males banget naik kopaja lagi dari senayan.
    mengenai kenyamanan bis, ok lah… paling nyaman di kelasnya (cimone – blok M) :)


  9. Teruskan Perjuanganmu kawan ?


  10. gan bis AC 138 lewat senayan city gak ?
    thnks


  11. Yap.. lewat depannya Senayan City dan Plasa Senayan. :)


  12. hollaa,,
    selain AC 138 ada bus laen yg lewat ke senayan city dari islamic tangerang?
    thankzzz


  13. kalo mau ke bunderan HI dari daerah karawaci tangerang naek apa yah?
    apa harus 2 kali naek angkutan??
    thankss


  14. bisa 1 kali. Naik Patas AC 62 atau Patas AC 133 dari pitu tol Karawaci. cuma bis nya jarang-jarang, kecuali pagi sama sore.
    Sabar aja nunggu nya :)

    Atau alternatif Naik Patas AC 34 ke Blok M, turun di Komdak. Terus nyeberang, naik Kopaja P19.

    Good Luck :)


  15. paling pagi jam oprasinya kalo dr tangerang jam berapa yaa ??
    kl jam 5 udah ada gak ??


  16. Kayaknya sudah ada.. Tp paling banyak frekuensinya jam 6-7 an.


  17. Hallo semua, saya numpang tanya dong, kalo dr tol kebun jeruk mau ke hotel mulia, harus naik bus no berapa ya? Terima Kasih.


  18. mau nanya dong kak, klo dari islamic situ mau ke mangga dua naek patas nomor brapa yah ? ada info? thx


    • naik Patas AC 33 nanti turun sampai habis (stasiun Kota) terus naik angkot ke mangga dua dari depan stasiun kota.


  19. Swry bro hanya sekedar menambahkan…. PAC 34 Tangerang Blok M sekarang dach ok punya dgn armada barunya…. yg pasti lebih cepet n lebih kuenceng di banding PAC yg lain nya…..


  20. nanya donk kalo dari slipi jaya, dri seberang wisma 77 bisa langsung naik ac34, aja138, ppd45 ga ya? trus saya mau ke karawaci office park, bilang turun dimana ya?


  21. maaf mau tanya, saya mau ke blok m, klo berangkat dari cimone itu di daerah mana ya tunggu busnya?terimakasih..


  22. Bus AC 34 lewat mal taman anggrek atau central park ga? yang bisa langsung turun di depan malnya, ga lewat fly over.


  23. mending pda naik bus aja p yg 138/104 bsa trun dmna aja kya gw naik dri tangerang trun di central park


  24. hai kak, mau tanya kalau dari islamic ke bundaran hi (thamrin city) naik apa yah?makasih



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: